Rabu, 22 Juli 2009

Dari Sungai ke MCK (Prilaku hidup bersih)

OM Jhon dan warga desanya, sudah terbiasa melakukan rutinitas BAB (Buang Air Besar) di sungai. Suatu ketika, ada program sanitasi masuk ke desanya dengan Konsep Sanitasi Total Masyarakat. Om Jhon sebagai salah satu penerima bantuan, karena di rumahnya tidak ada fasilitas MCK (Mandi,Cuci,Kakus). Om Jhon dan warga desanya begitu bersemangat, seakan berlomba membangun fasilitas ini dengan cara gotomg - royong.

Sudah dua bulan, fasilitas MCK ini berdiri megah di rumah Om Jhon, tetapi Om Jhon baru satu kali masuk dan mencoba melakukan rutinitas BAB. Om Jhon hanya melihat saja bangunan itu dan mulai membandingkan bangunan miliknya dengan milik tetangganya. Ternyata bangunan saya masih lebih megah dari tetangga saya, ungkapnya.

Suatu kali, para fasililator lokal mendatangi Om Jhon, dan menanyakan tentang manfaat dari fasilitas yang ada dirumahnya.Dengan gagah Om Jhon mengatakan " fasilitas ini sangat bagus karena begitu bagusnya sehingga saya tidak mau menggunakanya". "Lebih baik saya ke sungai karena disana, saya lebih merasa nyaman dan segar. Begitu pantat saya masuk ke sungai, kotoran saya pun ikut keluar dan terhanyut aliran sungai. Saya sudah mencoba jongkok diatas closed itu, tetapi kotoran saya tidak mau keluar. Sudah berjam -jam sampai kaki saya kesemutan/kram, akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke sungai dan disana saya bisa merasa legahhhhhhhhhhhhh.

0 komentar:

About This Blog

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP