Senin, 16 Februari 2009

HARTA KARUN

Seorang Bapak  bernama Jhon, mempunyai satu hektar tanah dan tujuh orang anak. Pak Jhon sering sakit-sakitan dan  kebingungan untuk membagi satu hektar tanah tersebut kepada ketujuh anaknya.

Ketika pak Jhon merasa bahwa dirinya hampir mendekati ajal, beliau memanggil ketujuh anaknya itu dan memberikan pesan kepada mereka " Sebentar lagi, bapak akan meninggalkan kalian dan dunia ini. Bapak tidak meninggalkan harta buat kalian,  selain satu hektar tanah milik kita.  Di dalam tanah milik kita ini, tersimpan harta karun yang banyak dan tak akan pernah habis "

Setelah memberikan pesan, beliau meninggal dunia dan dikuburkan oleh ketujuh anaknya tersebut. Anak-anak Pak Jhon, sudah tidak sabar lagi untuk mendapatkan harta karun yang ada di tanah mereka. Dengan menggunakan cangkul dan peralatan yang ada, mereka kemudian mulai menggali tanah. Sudah sebulan mereka menggali, membongkar setiap jengkal tanah milik mereka namun harta karun tidak kunjung ditemukan.

Rasa penasaran dan umpatan kemarahan terlontar dari bibir anak-anak Pak Jhon. Tanpa terasa, sudah dua bulan mereka terus mencari dan mencari tetapi harta itu tak pernah ditemukan. Akhirnya dalam keletihan yang amat, mereka memutuskan untuk berhenti.

Salah satu  anak dari  pak Jhon bernama Rul, memanggil saudara-saudaranya dan berkata kepada mereka bahwa"Harta karun seperti yang ayah katakan itu memang ada, yakni tanah ini. Kita harus mengolah tanah ini dengan menanam segala macam tanaman seperti :jagung,padi,dll. Untuk kebutuhan kita dan anak-anak kita. Karena tanah ini adalah harta karun yang sesungguhnya". Mereka semua akhirnya sadar dan mulai dengan giatnya mengolah tanah tersebut.

Sumber daya alam di negeri kita memang sangat berlimpah tetapi kenapa kita masih terus hidup dalam kemiskinan? Anda yang merenungkannya sendiri....... S   a  l   a  m

0 komentar:

About This Blog

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP